navigation

4 langkah sederhana untuk membuat navigasi website yang sempurna

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedIn

Dalam kehidupan sehari hari kita tidak terlepas dari internet, mulai dari mencari tutorial, mencari referensi artikel, membaca berita sampai berbelanja pun kita online shop, dan salah satu element penting pada sebuah website untuk membantu kita menemukan apa yang kita cari adalah Navigasi (menu).

Ketika kita membuka sebuah website, kita menggunakan navigasi untuk membantu menemukan apa yang kita cari, namun sayangnya tidak sedikit situs yang memiliki navigasi tidak dirancang dengan baik. tentu itu bekerja cukup baik setelah kita melakukan pencarian dengan sedikit extra untuk menemukan yang kita cari.

Jika sebuah situs memiliki navigasi yang tidak terorganisir dengan baik, akan mengurangi kemampuan untuk menemukan yang kita cari dengan cepat dan mudah. navigasi yang jelas dan terstruktur adalah salah satu hal yang paling penting dalam menggiring seorang pengunjung, dibawah ini ada beberapa tips dan contoh dari konsep ini. navigasi mereka mudah untuk dipahami.

Abercrombie
Hindari pembuatan menu navigasi di sekitar kontent atau berdempetan dengan konten, karena itu akan membuat bingung pengunjung dan bisa jadi link navigasi itu tidak terlihat. buatlah itu mudah dilihat oleh pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari. membuat jelas pada link navigasi akan membantu pengunjung website sampai ke mana yang mereka cari.

Meskipun anda telah membedakan antara link dengan yang bukan link kalo tidak jelas susunan navigasi mungkin akan membuat pengunjung lama untuk menemukan yang mereka cari, jangan membuat pengunjung bekerja keras untuk menggunakan situs anda.

 

2.  Tetap Konsisten

Tata letak untuk navigation akan membuat pengalaman bagi user yang telah mengunjungi website anda, ketika mereka pergi ke halaman lain dan mereka akan menemukan letak navigasi yang sama dan ketika mereka akan kembali kehalaman yang pernah mereka kunjungi mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk mencari kembali karena letak menu yang pertama pada page berikutnya masih sama.

Bouguessa’s

Masalah lain yang mungkin mengurangi kualitas navigasi adalah jika pada header memiliki item yang bukan link namun tidak ada pembeda antara item yang bukan link dangan item yang merupakan link, maka pengunjung akan merasa bingung dengan mengklik item yang padahal itu bukan link, maka untuk itu berilah pembeda untuk sebuah link entah itu dari warna hover, atau dari jenis warna. dengan begitu user akan tahu mana yang link dan yang bukan.

Submenu juga baiknya dirancang seperti menu utama, terapkan fokus untuk Submenu seperti rancangan yang dibuat untuk menu utama. jika anda ingin satu blok menu yang penting untuk situs anda maka buat lah dia berbeda dengan yang lain, dan biarkan pengunjung untuk memberi perhatiannya pada link yang anda pilih sebagai menu penting.

 

3. Buatlah dengan Ringkas/ Singkat

Hindari pembuatan menu dengan terlalu banyak item. lebih baik lagi jika anda membatasi jumlah item menu yang dimsukan pada website anda. dengan membuatnya terlihat singkat pengunjung tidak akan merasa bingung dan akan terarah dalam menjelajahi website anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa otak manusia menggunakan metode chunking (pengelompokan) sebagai metode untuk meningkatkan ingatan dengan memecah data menjadi kelompok – kelompok atau potongan yang relevan yang memungkinkan kita untuk memahami dan mengingat lebih baik. ini adalah teknik yang efektif untuk website besar yang memiliki menu lebih dari 7 item. dengan membagi item menu kedalam kelompok kategori tertentu akan sangat membantu bagi pengunjung website dalam membaca item menu.

Website Olson Kundig memberikan contoh yang bagus dari sebuah situs web dengan pengalaman navigasi yang efisien.
olson

Selain itu anda akan mempertimbangkan urutan yang anda gunakan dalam navigasi anda, item di awal atau di akhir yang akan lebih menonjol ke pengguna. ini adalah hasil dari psikologi dasar sebagai manusia mengingat dari awal atau pada ahir.
Dengan memanfaatkan fenomena ini dan menempatkan item penting pada awal atau ahir menu, dengan begitu anda membuat lebih mudah bagi pengunjung untuk menggunakan situs. Jika anda kurang yakin item yang paling penting bagi pengunjung website anda, maka anda bisa melakukan analisa terhadap target pengunjung anda dan anda akan tahu apa yang paling dibutuhkan oleh pengunjung.

 

4. Membuatnya Rapih

Navigasi yang bagus adalah yang memiliki sistem arsitektur informasi, seperti anda mempertimbangkan pengaturan untuk situs anda dengan memungkinkan pengunjung menemukan halaman apapun dalam satu atau dua klik. bila memiliki tingakatan lebih sedikit itu akan lebih baik . untuk membantu mengatur situs anda, dengan membuat kelompok bersarang (nesting). memilih konten mana yang tepat dengan kelompok menu. namun anda harus pastikan pengelompokan yang anda buat harus konsisten biar terlihat sangat rapi.

Gunakan Design Visual untuk membantu pengguna memahami hirarki ketika mereka melihat menu anda dengan cara membuat gaya font, ukuran, warna, dan white space dan membedakan menu primary dan submenu dengan cara yang kreatif dan harmonis. dapat membantu pengunjung memahami tingkatan navigasi.

 

Kesimpulan:
Navigasi atau menu adalah element penting bagi sebuah website, yang mana berperan untuk menggiring pengunjung ke halaman yang dicari. dengan navigasi yang jelas pengunjung tidak harus merasa bingung dan akan menjadikan trafict bagus buat website kita. Navigasi yang benar penempatan nya dan rapih akan membuat website terlihat profesional dan lebih bagus.

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedIn
About Ihsan atkia

Ihsan Atkia adalah seorang Front-end Developer yang merambah sebagai UI/UX Web Designer, kecintaannya terhadap dunia Desain muncul semasa sekolah menengah atas (SMA), dengan bergabung di komunitas desain, kemudian melanjutkan di salah satu perguruan tinggi negeri di kota Bandung mengambil jurusan Teknik Informatika, aktif di salah satu club yang bernama Ruang Grafis dan menjadi pengurus club tersebut. dan sampai sekarang masih berkecimpung didunia Web Design khususnya bidang Front-end Developer dan UI/UX Web Designer.