thumbnail_design

6 kesalahan yang harus anda hindari dalam mendesain website

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedIn

Hal terpenting selain konten dari sebuah website adalah Desain, ya karena Tampilan website adalah yang dilihat pertama oleh pengunjung dan bilamana desain dari website tersebut jelek atau kurang menarik maka pengunjung akan langsung meninggalkan halaman website kita. apalagi dalam sebuah bisnis online shop misalnya, desain adahal hal utama yang harus diperhatikan sebab untuk menarik pengunjung yang banyak sehingga produk bisa laku keras, maka dari itu desain website sangatlah penting untuk dipertimbangkan.

Namun bagi web designer selain membuat desain yang menarik juga harus menghindari beberapa hal sebagai berikut:

 

1. Memiliki Navigasi yang tidak Jelas

01_navigation

apa gunanya membuat desain yang bagus dan kreatif dan konten yang menarik tetapi tidak bisa di lihat oleh pengunjung, jika pengunjung mengalami kesulitan atau merasa bingung dalam menjelajahi website anda, maka upaya kreatif diatas tadi adalah hal yang sia-sia karena apa yang anda buat semenarik mungkin tidak bisa dinikmati oleh pengunjung dan konten yang disampaikan pun tidak bisa tersampaikan, jika anda melakukan kesalahan seperti berikut maka segeralah perbaiki desain website anda.

2. Tidak Mobile Responsive

02_responsive

ya untuk perkembangan desain website di era sekarang sudah jadi kewajiban sebuah website memiliki responsive mobile, bahkan pada kehidupan sehari-hari penggunaan smart phone melebihi dari penggunaan desktop dan laptop. dan memiliki responsive desain akan memudahkan website anda dibuka banyak pengunjung, jika website anda belum memiliki responsive mobile maka segeralah rubah dan tambahkan responsive mobile untuk website anda untuk meningkatkan pengunjung website anda.

3. Salah Memilih Font

03_typography

Pemilihan font sama pentingnya juga karena pemilihan font yang tepat akan membuat pengunjung website anda merasa nyaman dalam membaca artikel pada website anda, gunakan gaya font yang sederhana mudah dibaca, dan jangan terlalu mewah, sesuaikan dengan karakter website yang anda buat. sebagai referensi berikut link untuk memilih font Fontpair.

theme_forest_728x90
4. Intruksi yang Tidak Jelas

04_badintruction

untuk kesalahan yang ke empat terjadi pada kesesuaian konten dengan intruksi yang ada pada website, bila tidak memilik intruksi atau kesesuaian yang jelas maka pengunjung akan merasa kebingunan dan akhirnya akan meninggalkan website anda tanpa mengambil tindakan apapun. misalnya pada sebuah website Ecommerce anda harus menuliskan detail product yang sangat jelas dan intruksi untuk mengantarkan kehalaman checkout.

5. Terlalu Banyak Pengguanan Warna

05_morecolor

Untuk penggunaan warna disarankan jangan terlalu berlebihan, gunakan warna yang soft yang tidak membuat lelah terhadap mata pembaca, sesuaikan dengan karakter website anda dan jika perlu kuasai karakteristik warna yang akan digukan pada website anda. berikut beberapa warna yang dapat anda gunakan color-hex.

6. Gambar yang Kurang Menarik

06_badimage

pergunakan lah gambar yang sesuai dan menarik, sebab sebelum orang membaca konten dari website biasanya orang melihat gambar terlebih dahulu, dan kesesuaian gambar sangat penting. bahkan pemakain gambar yang sesuai akan menambah nilai keindahan sebuah desain website. untuk referensi penggunaan gambar yang bagus anda bisa membeli gambar disalah satu situs terkenal seperti : shutterstock, depositphotos, 123rf jika anda ingin gunakan gambar yang gratisan bisa gunakan unsplash, pixabay, freepik.

Kesimpulan:

Untuk sebuah desain website yang elegant dan bagus itu tidak harus banyak element yang tidak perlu, gunakan element yang paling dibutuhkan, dan buatlah sesederhana mungkin. layout yang memiliki tampilan mudah ketika dibuka pada layar smart phone, penggunaan warna yang tidak membuat lelah terhadap mata pembaca, pemilihan font yang tepat, gambar yang menarik dan sesuai, dan konten yang sangat jelas intruksi yang dapat mendatangkan konversi pada website anda.

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedIn
About Ihsan atkia

Ihsan Atkia adalah seorang Front-end Developer yang merambah sebagai UI/UX Web Designer, kecintaannya terhadap dunia Desain muncul semasa sekolah menengah atas (SMA), dengan bergabung di komunitas desain, kemudian melanjutkan di salah satu perguruan tinggi negeri di kota Bandung mengambil jurusan Teknik Informatika, aktif di salah satu club yang bernama Ruang Grafis dan menjadi pengurus club tersebut. dan sampai sekarang masih berkecimpung didunia Web Design khususnya bidang Front-end Developer dan UI/UX Web Designer.