sublime-left

Featur lebih dari Sublime Text 3

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedIn

Beberapa programmer memiliki text editor jagoannya masing-masing mulai dari notepad, notpad++ , codelobster, Sublime Text dan banyak lagi. Untuk kali ini saya akan membagi pengalaman saya dari beberapa text editor yang saya gunakan untuk coding ternyata saya menjatuhkan pilihan untuk code saya pada app Sublimetext.

  • Apa itu sublime Text ?

Sublime Text adalah aplikasi text editor yang digunakan untuk  membuka file apapun namun sejatinya para programmer menggunakannya untuk menulis code. Sublime text mendukung sejumlah bahasa pemrograman diantaranya C, C++, C#, PHP, CSS, HTML, ASP dan banyak lagi.

Untuk saat ini versi paling terbatu adalah sublime Text 3 bisa d download disini

  • apa saja kelebihan sublime Text ?

Ada beberapa kelebihan yang menjadi feature utama pada sublime text dan membuat orang suka dengan aplikasi ini diantaranya:

Goto anything

Ini digunakan untuk membuka file diawali dengan menarik satu project file yang sedang kita kerjakan  pada sublime kemudian dengan menekan CTRL+P maka kita dapat mencari file apa yang akan kita buka dengan menuliskan nama filenya, juga kita dapat mencari baris kata dengan keyword # atau @ untuk melompat ke simbol setelah menekan CTRL+P.

 

Multiple Selection

Berfungsi untuk membuat perubahan pada code pada saat yang sama dalam beberapa baris yang berbeda.
bisa dicoba dengan menekan CTRL+L, atau bisa mengganti kata yang sama dalam baris berbeda dengan memBlok kata yang akan diganti kemudian tekan CTRL+D .

 

Command Pallete

Untuk fungsi yang satu ini jarang digunakan sebenarnya namun dalam fungsi ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan seperti menutup semua file, convert case: lower case, remove tag dan masih banyak lagi. dengan menekan CTRL+SHIFT+P

 

Distraction Free Mode

Digunakan untuk merubah tampilan menjadi layar penuh, dibutuhkan ketika user akan fokus pada kerjaan yang dikerjakan maka dengan fungsi ini akan sangat membantu dengan menekan SHIFT+F11

 

Split Editing

Memperbolehkan mengedit file berdampingan, atau mengedit dua lokasi pada satu file dengan beberapa baris dan kolom yang anda inginkan. dengan cara :
masuk ke menu FILE > New menu into File

 

Instant Project Switch

SUblime text akan mengcapture semua kerjaan pada file project yang sedang dibuka termasuk file yang dirubah dan belum di save, anda dapat beralih ke file lain dengan cara yang mirip fungsi Goto anything, dan hasil modifikasi anda akan di kembalikan pada waktu proyek dibuka kembali.

 

Plugin API Switch

Teks Sublime memiliki kekuatan, berbasis Python Plugin API. Seiring dengan API, ia datang dengan built in Python konsol secara interaktif bereksperimen secara real time.

 

Customize Anything

Bindings Key, Menu, Snippets, Macro, Penuntasan dan banyak lagi – hanya tentang segala sesuatu di Teks Sublime disesuaikan dengan file JSON sederhana. Sistem ini memberi Anda fleksibilitas pengaturan dapat ditentukan pada jenis per-file dan per-proyek dasar.

 

Cross Platform

yang paling tak kalah keren sublime tersedia untuk berbagai platform, Windows, Linux, OS X satu lisensi untuk semua yang anda butuhkan apapun sistem oprasi yang digunakan.
Teks Sublime menggunakan toolkit UI kustom, dioptimalkan untuk kecepatan dan keindahan.

 

 

 

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedIn
About Ihsan atkia

Ihsan Atkia adalah seorang Front-end Developer yang merambah sebagai UI/UX Web Designer, kecintaannya terhadap dunia Desain muncul semasa sekolah menengah atas (SMA), dengan bergabung di komunitas desain, kemudian melanjutkan di salah satu perguruan tinggi negeri di kota Bandung mengambil jurusan Teknik Informatika, aktif di salah satu club yang bernama Ruang Grafis dan menjadi pengurus club tersebut. dan sampai sekarang masih berkecimpung didunia Web Design khususnya bidang Front-end Developer dan UI/UX Web Designer.

Comments

  1. mantap gan. jangan lupa ke blog ane ya gan :)

  2. thanks

  3. Wisnu says:

    Thanks gan, artikelnya bermanfaat banget buat ane yang baru belajar pake sublime text, kayaknya enakan ini ya dari pada notepad++

    • Ihsan atkia says:

      Thanks gan udah mampir ke blog saya, betul sekali gan wisnu dulu saya sebelum pake sublime juga pake notepad++, pas pake sublime nyaman bagi saya dan sampe sekarang coding masih pake ini .